Monday, September 24, 2012

Kalo Ngga Salah... Pfff

Kenapa ya kalo kita menjawab pertanyaan dari seseorang tapi kita ngga yakin sama jawaban kita seringkali kita menggunakan sebuah frasa "kalo ngga salah", example :
A : eh bro, lau liat si Anton ga?
B : kalo ngga salah ada di kantin...

See? Kita menggunakan frasa "kalo ngga salah" ini dikarenakan kita ngga yakin sama jawaban kita tapi juga ngga mau disalahkan kalau ternyata memang beneran salah.What the..? Padahal kalo kita telaah arti dari frasa tersebut, "kalo ngga salah" itu sama artinya dengan "benar", kan? Am I right or right ? Think!!! (benar >< salah = salah >< benar). Jadi kalau kita menggunakan frasa "kalo ngga salah" untuk menjawab pertanyaan seseorang, artinya kita yakin kalau jawaban kita benar, iya apa iya? Jadi kalau ternyata salah, ya siap-siap diomelin lah.

Jadi mulai sekarang berbahasalah dengan tepat, ga usah harus sampai sesuai EYD tapi minimal arti dan maksudnya jelas. Kalau kita ga yakin sama jawaban kita masih ada kata-kata yang lebih tepat untuk menggambarkan maksud kita kok, misalnya mungkin, kayaknya, dan sepertinya. Plus kata-kata tersebut lebih efisien dan ga buang-buang tenaga...
A : eh bro, liat si Anton ga?
B : mungkin ada di kantin.

See? Think About That!!!

No comments:

Post a Comment